Ini Dia 11 Sarapan Yang Populer Di Jerman


Jerman terkenal akan budaya dan tradisinya yang kaya, termasuk kulinernya. Salah satu aspek paling menarik dari makanan Jerman adalah sarapannya. Sarapan klasik Jerman seringkali berupa roti, selai, daging, keju, dan telur. Sarapan Jerman biasanya mudah dibuat, tetapi sangat enak dan memuaskan. Pada artikel ini, akan dibahas berbagai jenis sarapan ala Jerman yang populer.


Apa Yang Dimakan Orang Jerman Saat Sarapan?

Berbicara mengenai makanan Jerman, mungkin hal pertama yang terlintas dalam benak kalian adalah roti, sosis, dan beberapa jenis kue. Umumnya, sarapan di Jerman mengandung sedikit karbohidrat dan banyak protein, sehingga rasa kenyang dapat bertahan hingga makan siang. Ada banyak jenis sarapan yang dinikmati oleh penduduk lokal Jerman setiap harinya, yang tentunya sayang jika tidak kita coba saat mengunjungi Jerman. Langsung saja kita bahas satu per satu.


1. Eierkuchen (Pancake Tradisional Jerman)

Salah satu hidangan favorit yang sering dijadikan sarapan di Jerman adalah Eierkuchen atau pancake tradisional Jerman. Kata "Kuchen" berasal dari bahasa Jerman yang artinya kue, sementara "Eier" berarti telur. Jadi Eierkuchen bisa diterjemahkan menjadi kue telur. Hidangan ini sangat serbaguna, karena dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Secara tradisional, pancake Jerman terbuat dari tepung, telur, gula, susu, mentega, dan sedikit garam. Pancake ini berfungsi sebagai dasar untuk banyak hidangan sarapan Jerman, bisa manis atau gurih. Untuk variasi manis bisa ditambahkan ekstrak vanila atau kayu manis dalam adonannya. Pancake kemudian dapat diberi segala macam bahan mulai dari selai, saos coklat, sirup, hingga krim kocok.


2. Schnecken (Roti Kayu Manis)

Ilustrasi Schnecken
Pinterest.com

Schnecken merupakan salah satu jenis roti dari sekian banyak jenis roti yang ada di Jerman. Ini termasuk dalam salah satu sarapan populer harus dicoba bagi siapa pun yang mengunjungi Jerman. Bisa dibilang, di manapun kalian berada di Jerman, kalian pasti dapat menemukan roti kayu manis ini. Tekstur khasnya lengket, dengan isian gula dan kayu manis.

Kalian mungkin akan menyadari bahwa rasa Schnecken berbeda-beda, tergantung tempatnya. Contohnya, di wilayah bagian Selatan Jerman, roti ini cenderung lebih padat dan kenyal, sedangkan di wilayah Utara lebih ringan dan pulen.


3. Apfelkuchen (Kue Custard Apel)

Ilustrasi Apfelkuchen
Pinterest.com

Apfelkuchen merupakan kue custard apel yang biasa disajikan sebagai sarapan atau pencuci mulut. Ini adalah kue dengan tekstur renyah di bagian luar, dan lembut serta lembab di dalam, berkat lapisan puding dan apel yang nikmat di seluruh bagiannya.

Apfelkuchen adalah salah satu makanan penutup Jerman yang paling populer karena rasanya yang enak. Ini memiliki rasa yang kaya dengan isian custard dari susu, telur, kismis, apel, dan kayu manis. Kue ini bisa juga disajikan dengan krim kocok atau es krim di atasnya. Ini sangat cocok bagi kalian yang ingin sesuatu yang baru dan manis untuk sarapan.


4. Kartoffelomelette (Omelet Kentang)

Kartoffelomelette atau omelet kentang Jerman, merupakan hidangan tradisional yang terdiri dari irisan tipis kentang yang dimasak dalam mentega dengan taburan garam, merica, dan daun bawang atau peterseli. Ini akan menghasilkan kentang yang renyah di luar, namun tetap empuk di dalam.

Lalu telur akan dicampur dengan susu, dan dimasak dengan mentega, sehingga menghasilkan rasa yang lembut. Saat telur sudah matang, campuran kentang yang dimasak sebelumnya akan diletakkan di satu sisi telur, dan kemudian dilipat. Jika menginginkan lebih banyak protein di dalamnya, bisa ditambahkan irisan bacon, sosis, atau daging.

Hidangan ini sering disajikan dalam porsi kecil, sebagai bagian dari sarapan yang lebih besar. Hidangan ini tergolong sarapan yang sehat dan mudah untuk dibuat. Ini menjadikannya pilihan serbaguna untuk dimakan kapan pun sepanjang hari.


5. Hopple Popple (Casserole ala Jerman)

Ilustrasi Hopple Popple
Pinterest.com

Hopple Popple adalah sejenis casserole yang disajikan untuk sarapan di Jerman. Hidangan yang satu ini sangat populer, karena hanya menggunakan telur yang dicampur dengan bahan makanan sisa yang ada. Ini sekaligus menjadi solusi untuk mengurangi sisa makanan, dengan membuatnya kembali menjadi sarapan hangat yang sempurna.

Proses pembuatan hidangan ini dimulai dengan bawang bombay dan paprika yang dimasak dalam minyak zaitun hingga lunak. Kemudian ditambahkan bahan-bahan seperti kentang, daging, keju, dan sosis, sebelum akhirnya ditambahkan bawang putih. Setelah itu, campuran telur dan keju akan dituangkan, lalu dibumbui sesuai selera, kemudian dipanggang hingga matang. Konon katanya, hidangan ini berasal dari Berlin.


6. Brotzeit

Ilustrasi Brotzeit
Pinterest.com

Brotzeit merupakan sarapan ala Jerman yang terdiri dari daging, keju, selai, madu, dan berbagai makanan kecil yang enak. Ini biasa disajikan dengan roti yang dibentuk seperti semacam piring, sehingga mudah untuk dibawa-bawa. Bagi yang ingin mencicipi berbagai makanan Jerman sekaligus, bisa mencoba hidangan yang satu ini. Tidak hanya untuk sarapan, hidangan ini sering dikonsumsi di sela waktu makan.


7. Griessbrei (Puding Semolina)

Ilustrasi Puding Semolina
Pinterest.com

Puding semolina merupakan salah satu sarapan khas Jerman, yang patut dicoba saat berkunjung ke Jerman. Beberapa orang menganggap puding semolina ini sebagai versi yang lebih murah dari puding beras, karena rasa dan teksturnya yang mirip.

Puding lezat ini terbuat dari semolina, gula, ekstrak vanila, susu, dan sedikit garam. Biasanya diberikan toping berupa buah-buahan atau kacang di bagian atasnya, untuk menambahkan rasa dan tekstur.


8. Bircher Muesli

Ilustrasi Bircher Muesli
Pinterest.com

Bircher Muesli sebenarnya berasal dari Swiss, tetapi merupakan menu sarapan yang populer di Jerman juga. Hidangan ini terbuat dari oat, yogurt, susu, madu, dan apel parut. Semua campuran bahan-bahan tersebut didinginkan semalaman, dan biasanya disajikan dengan buah segar serta kacang-kacangan. Ini tergolong menu sarapan yang sehat.


9. Wafel

Berbicara tentang sarapan Jerman, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas wafel. Wafel memiliki rasa manis yang halus dan renyah. Wafel bahkan enak tanpa toping apapun. Namun biasanya orang menambahkan aneka toping, seperti krim kocok, beri-berian, atau sirup.


10. Kaiserschmarrn

Ilustrasi Kaiserschmarrn
Pinterest.com

Kaiserschmarrn merupakan sejenis pancake yang mirip dengan crepe. Hidangan ini biasa dimakan untuk sarapan, makan siang, atau kapan pun. Ada berbagai resep dan variasi dari hidangan manis ini, namun umumnya terdiri dari telur, gula, susu, dan tepung terigu yang dikocok hingga kalis. Topingnya juga bervariasi, mulai dari gula halus, saus cokelat, hingga beri segar.


11. Roggenbrei

Bubur gandum hitam atau dalam bahasa Jerman disebut Roggenbrei, merupakan sarapan hangat yang populer selama musim dingin di Jerman. Hidangan ini terbuat dari tepung gandum hitam, susu, dan gula, yang dimasak seperti bubur. Ini sering dibumbui dengan kayu manis atau vanila, dan biasanya diberi taburan mentega dan gula.



Itu dia beberapa sarapan yang populer di kalangan penduduk Jerman. Sebagian besar hidangan di atas tidak hanya untuk sarapan, tapi dapat juga dimakan pada waktu yang berbeda. So, jika kalian mengunjungi Jerman, sempatkanlah untuk mencoba beberapa dari hidangan tersebut, dan lihat apakah kalian menyukainya. Ingin mengetahui lebih dalam tentang kebiasaan makan di Jerman, baca artikel ini.



Tidak ada komentar untuk "Ini Dia 11 Sarapan Yang Populer Di Jerman "