Kebiasaan Dan Tradisi Perayaan Ulang Tahun Di Jerman


Di Jerman, ulang tahun adalah hal yang sangat penting. Ada beberapa kebiasaan dan aturan khusus yang perlu kalian ketahui jika berencana untuk merayakan ulang tahun di Jerman. Atau mungkin kalian sekedar ingin tahu tentang bagaimana orang Jerman merayakan hari istimewa mereka. Langsung saja kita bahas.


Kue Ulang Tahun Spesial

Orang Jerman menyukai kue, dan kue yang paling populer saat merayakan ulang tahun di Jerman adalah kue coklat yang kita kenal sebagai Black Forest atau dalam bahasa Jerman disebut Schwarzwälder Kirschtorte. Namun, bersiaplah untuk membeli kue ulang tahun kalian sendiri untuk dibagikan kepada semua orang. Karena, ini sudah menjadi tradisi di sana.

Sudah mejadi kewajiban bagi yang berulang tahun untuk menyediakan kue atau camilan perayaan lain untuk rekan kerjanya. Bahkan jika hari ulang tahunnya bukan pada hari kerja, misalnya pada hari Sabtu, maka rekan kerja kalian akan mengharapkan kue pada hari Senin. Kebiasaan ini disebut einen ausgeben. Memang ini cukup aneh, karena seharusnya teman atau keluarga lah yang akan memberi kalian kue ulang tahun.




Ucapan Selamat Ulang Tahun

Saat seseorang berulang tahun, ia akan mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari teman dan keluarga. Frasa bahasa Jerman untuk "Selamat Ulang Tahun" adalah "Alles Gute zum Geburtstag". Namun, merupakan hal tabu untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang lebih awal, karena dianggap bisa membawa nasib buruk.

Jadi, jangan pernah memberi ucapan ulang tahun kepada orang Jerman sebelum ulang tahun mereka. Ini berarti tidak ada kartu ulang tahun lebih awal, tidak ada hadiah lebih awal. Namun, merayakan sesudahnya akan baik-baik saja. Bahkan, orang Jerman tampaknya membuat kelonggaran, karena perayaan ulang tahun masih dapat dilakukan berbulan-bulan setelah hari aslinya.

Sebenarnya ada kasus dimana kalian mungkin merayakan ulang tahun pada hari sebelumnya. Jika kalian merayakan hari ulang tahun pada hari sebelumnya, maka semua teman kalian yang tiba, tidak ada yang akan menyebutkan apa-apa. Itu seperti sudah menjadi rahasia umum. Lalu pada saat tengah malam, semua orang akan menghitung mundur seperti saat Malam Tahun Baru, dan baru setelah itu kalian akan mendapatkan ucapan selamat ulang tahun.

Ada juga kasus dimana hadiah ulang tahun diberikan lebih dulu karena alasan khusus, namun mereka tidak akan membukanya sampai pada hari yang sebenarnya. Jika kalian mengirimkan hadiah kepada teman Jerman kalian, pastikan untuk menulis "GEBURTSTAG" dengan huruf kapital, sehingga mereka tidak membukanya secara tidak sengaja sebelum hari ulang tahunnya.


Perayaan Pesta Ulang Tahun

Bersiaplah untuk merencanakan dan membayar pesta ulang tahun kalian sendiri. Memang begitulah aturan perayaan ulang tahun di Jerman. Meski begitu, kalian akan tetap menerima hadiah ulang tahun, baik berupa bunga, anggur, atau hadiah lainnya.

Di Jerman sudah menjadi hal yang umum untuk menerima bunga pada hari ulang tahun. Orang Jerman senang dengan semua jenis bunga, karenanya mereka biasa memberi hadiah berupa karangan bunga yang menjadi favorit yang berulang tahun.


Lilin Ulang Tahun

Orang Jerman biasanya menyalakan lilin di atas kue ulang tahun mereka, dengan satu lilin mewakili setiap tahun usia. Diyakini bahwa jika seseorang dapat meniup semua lilin dalam satu tiupan, maka keinginannya akan terkabul.


Mengambil Hari Libur

Di Jerman, kalian bisa mengambil hari libur pada saat ulang tahun kalian. Biasanya orang Jerman akan mengisi hari ulang tahun mereka bersama orang yang dicintai, bersantai, atau melakukan hobi mereka. Bahkan anak-anak akan diberi hari libur dari pekerjaan rumah dan tidak diberikan tugas dari guru mereka, jika ulang tahun mereka jatuh pada hari sekolah.



Tradisi Ulang Tahun Unik Lainnya Di Jerman


Perayaan Ulang Tahun Anak

Anak-anak di Jerman sering menerima mahkota ulang tahun. Ini biasanya terbuat dari kertas, dan dihiasi dengan simbol dan desain warna-warni. Mahkota ini akan dikenakan sepanjang hari, dan berfungsi sebagai pengingat bahwa ini adalah hari istimewa mereka.


Ulang Tahun ke-16

Anak yang merayakan ulang tahun ke-16 nya harus mencari cara melindungi diri, karena teman-temannya pasti akan menuangkan tepung ke atas kepalanya. Hal ini umum ditemui di Jerman Utara.


Ulang Tahun ke-18

Ada tradisi untuk memecahkan telur di atas kepala seseorang yang berulang tahun di usia yang ke-18 tahun.


Lajang Usia Tiga Puluh

Di Jerman bagian Utara, mereka yang kebetulan masih lajang pada usia tiga puluh akan dihadapkan pada beberapa pekerjaan rumah yang sangat umum. Hal ini bertujuan untuk memberi tahu semua lajang lainnya bahwa mereka terampil dan tersedia.

Jika yang berulang tahun adalah perempuan, maka teman-temannya akan memintanya untuk membersihkan beberapa kenop pintu dengan sikat gigi. Sementara yang laki-laki, kemungkinan besar akan menyapu tangga balai kota atau tempat umum ramai lainnya. Saat orang-orang lewat, mereka akan mengagumi dan mengevaluasi keterampilan rumah tangga yang bersangkutan.

Namun, ada cara untuk dibebaskan dari tugas-tugas seperti itu, yaitu dengan ciuman dari lawan jenis. Tapi biasanya ada alternatif lain yang tidak se-ekstrim itu. Misalnya, tugas-tugas tersebut dilakukan tepat di pestanya, dan bukan di depan umum.



Jadi, begitulah cara orang Jerman melewati hari ulang tahun mereka. Seperti apa tradisi perayaan ulang tahun ditempat kalian? Adakah hal yang unik dan berbeda?



Tidak ada komentar untuk "Kebiasaan Dan Tradisi Perayaan Ulang Tahun Di Jerman"